Lomba Pidato Kebangsaan Kelima PPKn

03 May 2019

Lomba Pidato Kebangsaan V Tingkat SMA/Sederajat Se-Jawa Timur HMPS PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo kembali dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2017. Acara tersebut berlangsung di Ruang Seminar DOME Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Lomba tersebut bukan kali pertamanya dilaksanakan oleh HMPS PPKn. Akan tetapi sudah dilaksanakan sebanyak empat kali pada tingkat se Eks Karesidenan Madiun. Kali ini lomba Pidato Kebangsaan telah sampai untuk kelima kalinya dan suatu prestasi yang membanggakan karena bisa meningkatkan cakupan hingga tingkat Jawa Timur. “Ini adalah prestasi yang luar biasa bagi HMPS PPKn Unmuh Ponorogo karena dapat menyelenggarakan Lomba Pidato Kebangsaan V dengan cakupan wilayah se Jawa Timur” tegas Kaprodi PPKn Unmuh Ponorogo.

Tema acara tersebut adalah “Peran Pemuda dalam Menghadapi Pudarnya Nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan”. Tema tersebut dipilih karena berawal dari keprihatinan Prodi PPKn Unmuh melihat carut marutnya permasalahan pelanggaran norma dan empat pilar kebangsaan. Empat pilar tersebut diantaranya Pancasila, UUD Dasar 1945, NKRI, dan semboyan Bhineka Tunggal Ika. Permasalahan tersebut mencakup semakin memudarnya rasa nasionalisme, peredaran narkoba yang merajalela, disintegrasi bangsa, dan kasus-kasus korupsi. Tema tersebut sangat relevan dan cukup tepat untuk menggambarkan dan memperingatkan bangsa kita akan semakin memudarnya empat pilar kebangsaan.

Lomba Pidato Kebangsaan diikuti oleh total 70 peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur antara lain Probolinggo, Pacitan, Ponorogo, Madiun, Blitar, dan sekitarnya dengan melalui dua tahap lomba. Yaitu tahap seleksi naskah dan final lomba. Sebanyak 70 naskah telah terseleksi menjadi 30 naskah yang difinalkan pada tanggal 15 Februari 2017. Hasil final akan dipilih kembali menjadi 6 besar yaitu juara 1, 2, 3, harapan 1, 2, dan 3. Hadiah yang didapat peserta memiliki total 5 juta rupiah dan masih ditambah hadiah bingkisan dan juga voucer les privat dari pihak sponsor serta tidak ketinggalan doorprize untuk meningkatkan semangat berlomba peserta.

Pemenang lomba pidato kebangsaan V tingkat SMA/Sederajat Se Jawa Timur Universitas Muhammadiyah Ponorogo yaitu Juara 1 Arman Dwi Sofyan dari SMA Negeri 2 Kota Blitar, Juara 2 Haffsah Arinda Agty Putri Anada dari MAN PACITAN, Juara 3 Afifah Aris Minanti dari MAN 1 Ponorogo. Sedangkan untuk Juara Harapan 1, 2, dan 3 secara berurutan diraih oleh Arga Wildan Nugroho dari MAN 1 Ponorogo, Adhi Kuncoro dari MAN Pacitan, Febriyanto dari MAN 2 Ponorogo. Dari hasil tersebut sekali-lagi diharapkan para pemuda lebih aktif lagi dalam membangkitkan semangat nasionalisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara melalui kegiatan-kegiatan yang positif seperti ini.

Lomba Pidato Kebangsaan V Tingkat SMA/Sederajat Se-Jawa Timur HMPS PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo kembali dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2017. Acara tersebut berlangsung di Ruang Seminar DOME Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Lomba tersebut bukan kali pertamanya dilaksanakan oleh HMPS PPKn. Akan tetapi sudah dilaksanakan sebanyak empat kali pada tingkat se Eks Karesidenan Madiun. Kali ini lomba […]

READ MORE

Leave a Reply

Your email address will not be published.