Bakti Sosial

29 May 2019


Salam semangat,

Himpunan Mahasiswa Program Studi PPKn dan PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo bekerjasama dengan pemerintah Desa Dayakan Kabupaten Ponorogo telah melaksanakan kegiatan Bakti Sosial yang dibingkai dengan nama Ramadhan Gembira dengan tema Banyak Main, Banyak Pahala. Kegiatan bakti sosial difokuskan di Dukuh Krincing Desa Dayakan Kecamatan Badegan Ponorogo. Latar belakang pemilihan daerah tersebut didasari oleh kondisi daerahnya yang gersang dan tidak produktif karena sulit mengakses air sehingga tidak memungkinkan adanya kegiatan pertanian, peternakan maupun perkebunan. Dampak hal tersebut akhirnya banyak warga disana yang tidak mempunyai pekerjaan yang layak sehingga kondisi perekonomian masih rendah.

Bakti sosial tersebut dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 27 – 28 Mei 2019. Kegiatan tersebut berisi rangkaian kegiatan yang diawali dengan kegiatan mengajar membaca Al Quran anak-anak di daerah tersebut. Setelah itu dilanjutkan kegiatan mendongeng bertemakan religi oleh salah satu anggota Himpunan Mahasiswa Program Studi PG PAUD, Fitri. Pada hari pertama dilaksanakan kegiatan pengajian, buka bersama, sholat tarawih berjamaah, dan nonton bareng dengan seluruh warga Dukuh Krincing. Warga setempat sangat senang dengan agenda kegiatan tersebut karena banyak sekali warga yang antusias datang secara berbondong-bondong. “Kulo remen sanget saget nderek ngregengaken acoro meniko diwontenaken dateng dukuh mriki (Saya sangat senang sekali bisa mengikuti acara ini dilaksanakan di dukuh sini)”, kata Soiran.

Hari kedua dilaksanakan penyerahan bantuan berupa bahan sembako bagi warga yang mempunyai tingkat ekonomi rendah atau warga miskin. Bantuan sembako tersebut diserahkan oleh perwakilan Himpunan Mahasiswa Program Studi PPKn dan PG PAUD, Fendy Eko Hardiawan. Kami sangat bersyukur bisa berbagi dengan masyarakat walaupun tidak banyak yang kami lakukan untuk membantu, tetapi setidaknya bisa sedikit meringankan beban yang selama ini ditanggung. Kami berharap ada perhatian khusus dari pemerintah daerah maupun pusat terhadap daerah-daerah pinggiran yang belum tersentuh pembangunan.

Mbah Seri selaku tokoh masyarakat dan tuan rumah mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh anggota HMPS PPKn dan PG PAUD Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang telah merelakan tenaga dan fikirannya untuk membantu warga setempat, dan beliau berharap jalinan silaturohim ini dapat terus terjaga dan diwujudkan pada program-program yang lain. Kaprodi PPKn dan PG PAUD juga sangat mengapresiasi usaha nyata para mahasiswa tersebut dengan harapan agar rasa peduli sesama senantiasa terpupuk sehingga mampu melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang berjiwa dermawan. Karena sebaik-baik manusia ialah mereka yang bermanfaat bagi orang lain.

Salam semangat, Himpunan Mahasiswa Program Studi PPKn dan PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo bekerjasama dengan pemerintah Desa Dayakan Kabupaten Ponorogo telah melaksanakan kegiatan Bakti Sosial yang dibingkai dengan nama Ramadhan Gembira dengan tema Banyak Main, Banyak Pahala. Kegiatan bakti sosial difokuskan di Dukuh Krincing Desa Dayakan Kecamatan Badegan Ponorogo. Latar […]

READ MORE