Kuliah Tamu

02 Oct 2019
Kuliah Tamu oleh Dinas Lingkungan Hidup

Rabu, 2 Oktober 2019 Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan telah menyelenggarakan kegiatan Kunjungan Lapangan di TPA Mrican dan Kuliah Tamu. Kegiatan kunjungan tersebut dilaksanakan di Tempat Pembuangan Akhir Sampah di Desa Mrican Kabupaten Ponorogo. Sedangkan Kuliah Tamu dilaksanakan di Laboratorium PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Kegiatan kunjungan lapangan di TPA Mrican dipandu oleh Bapak Riza Budi Mubarok, ST selaku Kepala UPT TPA Mrican. Sedangkan pada kegiatan Kuliah Tamu dengan Tema “Pengelolaan Sampah dan Lingkungan” diisi oleh Bapak Abri Susilo, SP. Keduanya dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ponorogo.

Kegiatan kunjungan dimulai dari Taman TPA Mrican yang hijau sehingga suasana bau sampah bisa terkondisi. Selanjutnya kita diajak melihat kegiatan pemulung dan lapak-lapaknya yang berupaya memilih dan memilah sampah pada setiap tumpukan sampah. Selanjutnya kita diajak ke tempat pembuatan Kompos yang merupakan tempat pengolahan sampah organik untuk dijadikan kompos. Rangkaian kegiatan tersebut merupakan salah satu inovasi Prodi PPKn dalam memperdalam materi kuliah yang dipelajari di kelas yaitu pada mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup yang diampu oleh Bapak Hadi Cahyono, M.Pd. (KaProdi PPKn).

Dalam wawancara singkat, beliau menjelaskan bahwa dalam upaya mendalami materi kuliah, diperlukan inovasi -inovasi dari dosen. Salah satunya dengan mengikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan kunjungan lapangan dan kuliah tamu dengan harapan mahasiswa akan banyak menerima informasi secara lengkap langsung dari sumbernya. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa bentuk-bentuk kegiatan seperti inilah yang akan bisa membentuk mahasiswa menjadi manusia yang realistis, kritis, dan mampu memecahkan masalah diberbagai bidang kehidupan, pungkasnya.

Belajar dari hal tersebut mari kita senantiasa melestarikan dan menjaga lingkungan kita dari bahaya sampah. Mari kita laksanakan program pemerintah yaitu Reduze (mengurangi penggunaan barang yang mengakibatkan sampah), Reuse (menggunakan barang-barang yang masih bisa digunakan untuk fungsi yang sama), Recycle (mengolah sampah menjadi barang yang berguna kembali). Jika kita mencintai alam, maka alam akan mencintai kita. Sebaliknya jika kita menghancurkan alam, maka alam akan menhancurkan kita. Maka jagalah lingkungan kita, cintai Bumi kita, jaga Bumi kita untuk masa depan yang lebih baik. Salam Cinta Lingkungan.

Rabu, 2 Oktober 2019 Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan telah menyelenggarakan kegiatan Kunjungan Lapangan di TPA Mrican dan Kuliah Tamu. Kegiatan kunjungan tersebut dilaksanakan di Tempat Pembuangan Akhir Sampah di Desa Mrican Kabupaten Ponorogo. Sedangkan Kuliah Tamu dilaksanakan di Laboratorium PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Kegiatan kunjungan lapangan di TPA Mrican dipandu oleh Bapak Riza […]

READ MORE