Kuliah Tamu 2020

Islami Kreatif Unggul

Kuliah Tamu 2020

22 Oktober 2020 NEWS Tak Berkategori 0
Pemaparan Pengelolaan Sampah oleh Narasumber

Rabu 21 Oktober 2020, Prodi PPKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang beralamatkan di Jl. Budi Utomo No.10 Ponorogo menyelenggarakan  kuliah tamu yang dengan narasumber Bapak Abri Susilo ,S.P. dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ponorogo dengan tema ‘’PENGELOLAAN SAMPAH’’. Selain itu kita juga melaksanakan kunjungan ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah Kabupaten Ponorogo yang terletak di Desa Mrican. Semua kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang dari mulai masuk Kampus sampai pada kunjungan ke TPA Mrican dengan memastikan semua peserta dan narasumber telah dipastikan sehat dan terbebas oleh virus Covid-19.

Bapak Abri Susilo ,S.P selaku pemateri kuliah tamu menyampaikan materi tentang sistem pengelolaan sampah yang baik dan benar kepada mahasiswa Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dalam kuliah tamu tersebut terlihat para mahasiswa menyimak dan aktif dalam sesi tanya jawab. Materi yang disampaikan sangat menginspirasi bagi kalangan mahasiswa yang notabene adalah sebagai agen of change. Pesan dari materi yang disampaikan oleh Bapak Abri Susilo ,S.P tentang pengolahan sampah kepada para mahasiswa (generasi milenial) yaitu budayakan gaya hidup Reduce, Reuse and Recycle atau biasa dikenal dengan 3R, dari diri kamu. Biasakan untuk mengurangi pemakaian plastik atau bahan-bahan lain yang sulit terurai.

Kemudian jangan lupa memanfaatkan barang bekas agar bisa digunakan kembali. Seperti memanfaatkan botol plastik bekas untuk dijadikan pot tanaman. Itu hanya salah satu contoh saja. Masih banyak lagi barang bekas yang bisa digunakan kembali dengan ide kreatifmu! Terakhir, jangan lupa untuk selalu mendaur ulang sampah-sampah yang dapat didaur ulang kembali. Dengan membawa sampah tersebut ke pusat daur ulang. Mahasiswa selaku generasi penerus diharuskan kreatif dan mempunyai jiwa kepedulian terhadap lingkungan dan dapat berkontribusi dalam mengurangi volume sampah khususnya di Kabupaten Ponorogo.

Kunjungan di TPA Kabupaten Ponorogo