PPKn UMPO JUARA 3 ESSAI NASIONAL

Islami Kreatif Unggul

PPKn UMPO JUARA 3 ESSAI NASIONAL

17 Juli 2021 NEWS 0

Rofi Rudiawan, Mahasiswa semester 5 Program Studi PPKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo telah berhasil meraih Juara 3 pada Lomba Menulis Essai Pancasila tingkat Nasional. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Pusat Studi Pancasila (PUiSi) & Laboratorium Hukum Universitas Bangka Belitung dalam rangka Pekan Milad Pancasila pada tanggal 24 Mei – 2 Juli 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan hari lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni.

Prestasi tersebut merupakan prestasi yang kesekian kalinya diraih oleh Prodi PPKn UMPO. Sebelumnya kami juga pernah menyabet juara 3 Lomba Seni Budaya antar mahasiswa tingkat nasional di UM Malang, ujar Hadi Cahyono, M.Pd. selaku Kaprodi PPKn UMPO. PPKn UMPO juga pernah mendapatkan hibah nasional PHP2D pada tahun 2020 dan sekarang juga mendapatkan hibah nasional lanjutan dari PHP2D pada tahun 2021 ini. Banyaknya prestasi ini tidak lepas dari peran serta program studi dan dosen dalam memotivasi mahasiswa agar bisa mengikuti kegiatan tersebut, pungkasnya.

Selain itu, prodi PPKn juga tengah berupaya bagaimana membekali mahasiswa dengan berbagai macam softskill maupun kompetensi yang berasal dari program internal maupun eksternal seperti dari Kemendikbud. Program internal penguatan kompetensi yang dimaksud seperti pelatihan menulis artikel ilmiah, webinar internasional, dan keikutsertaan dalam aksi sosial lingkungan. Program eksternal yang ditawarkan pemerintah seperti delapan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dari Kemendikbud seperti pertukaran pelajar, asistensi mengajar, proyek independen, dan KKN.


Tuntutan dunia kerja yang begitu kompleks dimasa depan membuat prodi PPKn UMPO harus mempunyai strategi dalam melakukan mitigasi terhadap para lulusan. Berbagai kegiatan dan program tersebut tidak lain bertujuan untuk mendukung dan menguatkan kompetensi dan softskill mahasiswa agar ketika mereka lulus minimal sudah memiliki beberapa pegangan sertifikat kompetensi yang bisa mereka gunakan untuk kepentingan studi lanjut, mencari beasiswa, maupun mencari pekerjaan.

Prodi selalu mendorong setiap mahasiswa untuk berlomba-lomba mengikuti berbagai kompetisi dan program yang relevan dengan prodi sehingga dapat mendukung ketika mereka lulus kelak. Karena dunia kerja begitu dinamis baik dalam kebijakan maupun penerapannya sehingga mahasiswa sangat perlu mempersiakan diri menghadapi hal itu dengan mengasah kompetensi yang dimiliki. Upaya prodi ini harus selaras dan sejalan dengan kredo prodi PPKn yaitu Islami, Kreatif, dan Unggul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.