Prodi PPKn UMPO Membentuk Komunitas Kewargaan

Islami Kreatif Unggul

Prodi PPKn UMPO Membentuk Komunitas Kewargaan

17 Juli 2021 NEWS 0

Prodi PPKn sebagai salah satu prodi terakreditasi A (Unggul) terus melakukan pembenahan dan penyempurnaan dalam upaya pembinaan, eksplorasi, dan kebijakan wilayah setempat. Salah satunya adalah penguatan kemampuan softskill mahasiswa yang dibentuk untuk mempersiapkan alumni Program Studi PPKn agar siap menyesuaikan diri dalam aktivitas publik, khususnya dengan membingkai mata kuliah yang dengan melaksanakan penyelenggaraan pelatihan penguatan partisipasi politik dalam mengawal kebijakan publik.

Suasana Kegiatan Pelatihan
(Seluruh Peserta sudah melakukan Prokes Covid-19 Ketat sebelum memasuki ruangan)

Tujuan kegiatan ini ialah mempersiapkan alumni tidak hanya siap menjadi Instruktur PKn yang cakap, mereka juga akan siap bekerja di pemerintahan, jaringan, LSM, dan kelompok sosial,” kata Kaprodi PPKn UMPO, Bapak Hadi Cahyono, M.Pd. Sebagai bentuk awal dari kegiatan pelatihan ini, dilakukan persiapan penguatan kerjasama politik dalam mengarahkan pendekatan publik dengan salah satu narasumber, yaitu Ketua DPRD Ponorogo, Bapak Sunarto, S.Pd. Ketua DPRD Ponorogo mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh prodi PPKn yang bertujuan agar mahasiswa mampu bersosialisasi terhadap perkembangan kebijakan yang secara dinamis selalu berkembang di masyarakat sehingga mahasiswa mampu dan mau memberi kritik dan pemecahan masalah terhadap masalah yang dihadapi.

Anggota Komunitas Kewargaan
Prodi PPKn – FKIP – Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari (19-20 Juni 2021) ini mempersiapkan mahasiswa dalam semua aktifitas terkait kritik kebijakan, mempengaruhi pembuat kebijakan, merancang strategi, membentuk opini, memilih isu, dan membangun gerakan yang berbasis masyarakat.

Dekan FKIP, Dr. Ardhana Januar Mahardhani, M.KP. memberikan apresiasinya bahwa kegiatan pelatihan yang diselenggarakan ini mempunyai banyak manfaat baik bagi mahasiswa, dosen maupun institusi. Kegiatan ini tentu sebagai bentuk upaya penguatan Prodi PPKn yang sudah mendapatkan predikat unggul secara nasional wajib mempunyai program yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan seperti ini. Semoga kegiatan ini membawa kemajuan bagi PPKn UMPO khususnya dan FKIP UMPO pada umumnya, pungkasnya.
Berita selengkapnya bisa juga diakses di website suarawengker.com pada link berikut berita PPKn UMPO.