Profil

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) adalah salah satu program studi di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang terakreditasi B (Baik) dari BAN-PT. Program studi PPKn resmi berdiri 19 Nopember 1986 dan telah meluluskan kurang lebih 800 mahasiswa yang telah berkarier dan tersebar di seluruh Indonesia.

Visi
Pada tahun 2020, program studi PPKn menjadi program studi unggulan ditingkat Nasional dalam mencetak para pendidik dan praktisi hukum, politik, sosial, dan pemerintahan yang profesional, keislaman, berilmu, dan berwawasan global.
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menghasilkan tenaga pendidik yang profesional dalam pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, hukum, politik, sosial, dan pemerintahan.
  2. Menyenggarakan penelitian dan pengembangan keilmuan di bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan bidang lain yang serumpun.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dan mampu menerapkan pengetahuan serta ketrampilan dalam kegiatan produktif dan layanan masyarakat di bidang jasa layanan pendidikan, hukum, politik, sosial, dan pemerintahan.
  4. Mempersiapkan lulusan yang memiliki wawasan ke-Islaman, berkarakter, mandiri, serta mampu bersaing dalam berkompetensi global.
  5. Meningkatkan kerjasama dengan instansi lokal, nasional, maupun internasional dalam upaya pengembangan keilmuan dalam bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganagaraan serta bidang lain yang serumpun.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan tenaga pendidik dalam bidang PPKn serta yang serumpun untuk semua jenjang pendidikan serta di dalamnya memenuhi standar kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional, sosial, dan teknologi.
  2. Menghasilkan sarjana PPKn yang dapat memajukan dan menyebarluaskan nilai-nilai Pancasila dan Kewarganegaraan serta keilmuan lain yang serumpun
  3. Menghasilkan sarjana PPKn yang peka terhadap masalah sosial kemasyarakatan, hukum, pemerintahan dan memiliki ketrampilan sosial, mandiri, berkarakter, serta berkualitas global dalam bingkai ke-Islaman
  4. Menghasilkan kajian ilmiah tentang masalah PPKn serta keilmuan lain yang serumpun dalam rangka pengembangan keilmuan yang berlandaskan etika akademis dan etika ke-Islaman
  5. Menyelenggarakan kerjasama dengan instansi terkait dalam upaya penerapan dan pengembangan keilmuan di dalam kehidupan bermasyarakat.