Seminar Nasional Pendidikan Karakter ke-4

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo sukses menggelar acara Seminar Nasional Pendidikan Karakter ke-4. Tema seminar ke-4 kali ini mengambil tema “Pembelajaran Berkarakter Berwawasan Global”. Narasumber dalam acara tersebut ialah Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd., Guru Besar Pendidikan Moral Universitas Negeri Semarang dan juga sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang. Beliau menyampaikan materi tentang Internalisasi Nilai Moral Melalui Pembelajaran di Era Milenial. Sedangkan untuk pemateri kedua ialah Dr. Happy Susanto, MA., Wakil Rektor 1 Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Beliau menyampaikan materi tentang Pendidikan Karakter Generasi Milenial. Sedangkan moderator pada sesi pemaparan materi dipandu oleh bapak M. Fadhlilah, M.Pd. yang merupakan dosen Prodi PGPAUD Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang sekarang tengah melanjutkan studi S3nya di Universitas Negeri Yogyakarta.

Para peserta sangat antusias mengikuti pemaparan materi dari kedua narasumber hingga di sesi tanya jawab banyak peserta yang mengajukan pertanyaan yang menarik untuk didiskusikan. Pemaparan dan tanya jawab selesai dilanjutkan dengan sesi paralel terbagi menjadi empat kelas dengan masing-masing dipandu oleh 1 moderator. Seluruh rangkaian kegiatan tersebut telah terlaksana dengan baik dan lancar berkat dukungan semua pihak tak terkecuali para sponsor. Acara yang ditunggu-tunggu oleh para peneliti dan akademisi untuk mempublikasikan tulisannya tersebut berlangsung dengan sukses dan berkesan bagi peserta dan pemakalah.

“Sedikitnya ada 36 pemakalah dan 60 peserta seminar yang turut berpartisipasi dalam acara tersebut. Pemakalah dan peserta berasal dari Jawa seperti Ponorogo, Trenggalek, Surakarta, Kediri, Malang, Semarang, Yogyakarta, Banten dan Luar Jawa. Menariknya, banyak pemakalah yang berasal dari luar Jawa, seperti Jambi, Pontianak, bahkan Kupang. Kami terus berkomitmen untuk senantiasa mengambil tema tentang pendidikan karakter karena kami yakin bangsa ini sangat membutuhkan hal ini untuk masa depan bangsa dan untuk menyiapkan generasi emas 2030. Terima kasih kami sampaikan kepada para pemakalah dan peserta yang telah turut serta mengikuti kegiatan ini sampai selesai.” ujar Hadi Cahyono, M.Pd., Kaprodi PPKn dalam pidatonya.

Please follow and like us: