PPKn Goes to Jogja

Yogyakarta, Senin, 15 Oktober 2018 program studi PPKn Universitas Muhammadiyah telah melaksanakan kegiatan yang dinamai Road to Jogja. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja yang ada didalam Himpunan Mahasiswa Program Studi berkolaborasi dengan prodi PPKn. Rangkaian kegiatan tersebut dimulai dengan mengunjungi Tebing Breksi di daerah Prambanan. Kemudian dilanjutkan kunjungan di Museum Pendidikan Indonesia di Universitas Negeri Yogyakarta. Setelah itu dilanjutkan kunjungan di Pascasarjana S2 PPKn Universitas Negeri Yogyakarta dan berakhir di Kawasan Taman Pintar Senopati.

Tebing Breksi

Salah satu destinasi yang sedang hits di jogja ialah wisata tebing breksi. Wisata tebing breksi merupakan suatu kawasan yang semula adalah tempat penambangan batu kapur milik warga setempat yang akhirnya disulapĀ  menjadi salah satu destinasi wisata favorit dan instagramable dan disukai oleh para remaja dan orang tua. Tujuan kunjungan prodi PPKn disana ialah mengenalkan kepada para mahasiswa tentang kekayaan alam yang ada disuatu daerah jika bisa dikelola dengan baik maka akan bisa menjadi daya tarik wisata yag bisa dijual dan tentunya mendatangkan pendapatan warga setempat dan membuka lapangan pekerjaan baru. Disitulah kami menekankan kepada mahasiswa untuk lebih kritis dan lebih peka melihat sumber daya yang ada didaerahnya sehingga mereka diharapkan dapat mengembangkan daerah mereka agar lebih dikenal oleh orang lain sebagai destinasi baru. Kegiatan ini diikuti oleh 30 mahasiswa perwakilan semester tiga dan lima, serta diikuti oleh tiga orang dosen diantaranya Bapak Hadi Cahyono, M.Pd. selaku Kaprodi PPKn, Bapak Ardhana Januar Mahardhani, M.KP selaku Wakil Dekan FKIP, dan Ibu Ambiro Puji Asmaroini, M.Pd.

Foto Kunjungan di Tebing Breksi Jogja

Museum Pendidikan Indonesa

Museum Pendidikan Indonesia berlokasi di kawasan Universitas Negeri Yogyakarta tepatnya terletak disamping kanan gedung Rektorat UNY. Museum tersebut menyimpan berbagai benda sejarah pendidikan Indonesia. Tidak hanya itu, museum tersebut juga berisi replika model kelas yang ada pada zaman dulu sehingga mahasiswa sangat tertarik mengetahuinya. Selain itu ada satu ruangan bersejarah UNY yang merupakan ruang yang menceritakan sejarah berdirinya UNY yang dulu merupakan bekas gedung rektorat lama UNY. Tujuan kunjungan di Museum Pendidikan Indonesia ialah untuk mengenalkan kepada mahasiswa tentang peristiwa sejarah pendidikan di Indonesia secara langsung dengan melihat replika maupun barang asli sejarah. Selain itu untuk memperkuat pemahaman mahasiswa, kami diajak untuk menonton film sejarah di ruang Cinema Khusus yang ada di museum.

Foto Kunjungan di Museum Pendidikan Indonesia

Pascasarjana S2 PPKn UNY

Rangkaian kegiatan Road to Jogja prodi PPKn berlanjut di S2 PPKn UNY. Kami disambut dengan sangat antusias dan hangat. Tujuan kegiatan ini ialah mengenalkan mahasiswa tentang prosedur, suasana akademik, dan bahkan bertanya tentang beasiswa S2 kepada para narasumber dari Pascasarjana S2 PPKn antara lain Dr. Suharno, M.Si, Dr. Mukhamad Murdiono, M.Si, Dr. Marzuki, MA., dan narasumber lainnya. Dari kegiatan ini telah ada sebanyak tiga orang mahasiswa Unmuh Ponorogo yang telah melanjutkan kuliah di Pascasarjana S2 PPKn UNY. Diharapkan setelah kegiatan ini ada banyak mahasiswa yang termotivasi dan melanjutkan studinya ke jenjang S2. Selain itu dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara S1 PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo dengan S2 PPKn UNY yang berisi tentang kerjasama Tri Dharma, Jurnal, dan Studi Lanjut. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pascasarjana S2 PPKn UNY dan semoga kerjasama ini akan selalu terjalin dengan baik dan menguntungkan antara kedua belah pihak.

Foto kunjungan di S2 PPKn UNY

Taman Pintar

Kegiatan kunjungan berakhir di Taman Pintar Jogja. Disana mahasiswa dapat belajar mengenai ilmu sains dan teknologi yang tengah berkembang saat ini. Kunjungan kali ini cukup padat dan banyak menambah pengetahuan tentang bagaimana gambaran sejarah pendidikan di Indonesia serta mahasiswa mendapat pengetahuan tentang bagaimana gambaran studi lanjut di UNY. Kami berharap mahasiswa bisa termotivasi dengan adanya kunjungan tersebut. Kami juga mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah membantu terlaksanakannya kegiatan tersebut. PPKn Jaya!